Iklan Search

Tujuan Utama Sistem Zonasi yang Perlu Kalian Ketahui


Halo TechLover, sekarang admin mau cerita pengalaman admin selama satu minggu kemarin saat datang ke Kemendikbud langsung dan mendapatkan sedikit informasi tentang adanya sistem zonasi. Admin selaku calon guru juga sebenarnya merasa kebingungan akan adanya sistem zonasi ini, namun setelah mendengar penjelasan dari pihak Kemendikbud sendiri admin menjadi setuju dengan adanya sistem ini. Untuk yang ingin berdiskusi silahkan menggunakan kolom komentar untuk mengungkapkan pendapat kalian.



 

 

Apa itu Zonasi?

Sederhananya zonasi adalah penempatan siswa pada sekolah yang dekat dengan area rumahnya. Sistem ini tidak memungkinkan siswa maupun orang tua/wali untuk mengincar sekolah favorit yang jauh dari kediaman mereka. Sehingga banyak masyarakat khususnya orang tua/wali siswa jenjang Sekolah Dasar hingga SMA/SMK menuai protes pada sistem ini. Mereka beranggapan bahwa (mohon maaf) “Anak saya pintar, tapi sekarang tidak bisa masuk sekolah favorit”.
Daftar Isi


Kekurangan dari Sistem Zonasi

Secara gamblang kekurangan dari sistem ini adalah menimbulkan terjadinya protes dimana-mana.
Daftar Isi

Penjelasan Kemendikbud

Sebenarnya kiat utama Kemendikbud dalam menciptakan sistem zonasi adalah menghilangkan pemikiran siswa dan orang tua/wali tentang “Sekolah Favorit”. Dengan sistem ini maka menghilanglah sekolah favorit itu sendiri, dan persebaran siswa di Indonesia akan semakin merata. 

Namun bagaimana jika tidak ada sekolah di area zonasi nya? Data dari Kemendikbud sendiri menyatakan bahwa sudah tersebar sekolah di seluruh area zonasi, sekolah negeri maupun swasta. Jadi ini yang diinginkan Kemendikbud, kesamaan kualitas antara sekolah negeri dan swasta.

Sistem ini menguntungkan untuk yang zonasi nya berada di dekat bekas sekolah favorit. Tentu saja jawabannya tidak, berlakunya sistem zonasi ini juga berdampak pada guru. Tidak ada guru yang bagus berkumpul pada satu sekolahan, mereka juga di rolling ke sekolah-sekolah secara merata. 
Daftar Isi

Jadi menurut admin sendiri sistem ini cukup baik untuk dilaksanakan di pendidikan Indonesia. Pendapat masing-masing berbeda, yang ingin mengungkapkan pendapat-nya ayo kita semua berdiskusi di kolom komentar.

Sekian dulu dari admin, ada salah kata atau menyinggung pihak tertentu admin meminta maaf sebesar-besarnya.
 

0 Response to "Tujuan Utama Sistem Zonasi yang Perlu Kalian Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel